Skip to main content

three!



27 Agustus 2013 1:45
Tiba-tiba kebangun karena kebelet pipis. Dalam hati, "ah dasar bumil pipis mulu.." Bolak-balik kamar mandi emang bukan hal yang aneh, apalagi ni perut udah guede banget. Setengah ngantuk, gue jalan ke kamar mandi yang untungnya cuma beberapa langkah aja dari kasur. Ketika duduk di monoblok, kok kerasa ada yg "tumpah" yah di bawah sana. Hmm apa gue pecah ketuban? Tapi kok ga berasa mules sama sekali? Akhirnya abis pipis ya melengos tidur lagi. 

1:55
Errr tapi ga bisa tidur lagi, malah jadi gelisah.. Yang tadi apaan ya? Bangunin Mr.D jangan ya? Akhirnya gue bangunin juga hubby yang lagi ngorok di sebelah. Dengan polosnya gue bilang, "say kayanya aku pecah ketuban." Trus Mr.D yang masih di alam mimpi, sambil merem ngejawab, "ah yang bener? Mau ke rumah sakit? Besok pagi aja ya.." Grrrr... Ini suami gak siaga deh -_- 
Akhirnya gue bangunin lagi, "say aku pecah ketuban!!" Setengah ngebentak.. Maksudnya biar bangun. Hehe. 
Bener aja dia langsung loncat dari tempat tidur. Dikira mau ngomong apa, dia malah bilang, "bentar ya aku mau pipis dulu". Yaelah... 

Abis pipis, cuci muka, Mr.D nanya lagi, "kok kamu kaya yang ga kesakitan? Mules ga? Mau ke rumah sakit ga?" Dasar emang gue ga ngerasain apa2, jadinya gue jawab, "terserah lah.." Abis beneran ga ngerasa apa-apa. 

Dipikir-pikir lagi, akhirnya kami mutusin untuk tetap pergi ke RS. Ya udah sekedar cek aja, pengen tau yang tadi "tumpah" apaan. Lantas gue siap-siap, cuci muka sikat gigi. Yang lucu, gue masih sempet-sempetnya bikin alis dulu hahaha. Like, I will never leave home without having my eyebrow done. Mr. D cekikikan di ujung kamar... Ngejek-ngejek, "ya ampun! Sempet-sempetnya bikin alis dulu." Gue senyam-senyum aja. Kayanya kami pasangan yang paling laid back deh, ga ada panik-panikan sama sekali. Ga telepon siapa-siapa juga.

2:05 
Angkat koper yang udah disiapin dari jauh-jauh hari, dan meluncurlah kami ke RS Limijati. Masih bisa dadah-dadah ke satpam yang wish us good luck. Anyway, gue pake pembalut just in case si cairan misterius ini keluar lagi.. Dan bener aja, sepanjang jalan gue ngerasain ada cairan yang keluar-keluar gitu. Tapi tetep ga mules. 

2:20 
Sampai di RS langsung menuju lantai 2. Kerasa banget kalau jalan, si cairan tadi terus-terusan keluar. Suster-suster lagi pada bobo di meja pas gue datang. Terus gue bilang, "suster kayanya saya mau ngelahirin" Si suster bengong, "ibu mau ngelahirin??" Gak percaya gitu mukanya. Ya gue jawab aja lempeng, "iya... Mungkin?" 
Hahaha terus gue disuruh baringan dan di CTG. Di cek detak jantung baby juga di cek kontraksi. Suster bilang, "kalau baby nya nendang, pencet tombol ya bu.." Tapi setelah sejam, Vale kok ga nendang-nendang... Lagi bobo pules kayanya. 

CTG beres, suster bilang kalo gue belom ada kontraksi. Terus suster lain datang ke kamar buat ngecek bukaan, yang katanya sakitttt banget. Si suster pake bilang, "tahan ya bu.. Bakal sakit." Ya udah, gue pake jurus pernafasan yoga alakadarnya, eeh ternyata ga kerasa bok. Tapi hal yang suster bilang seudahnya yang bikin shock, "wah bu air ketubannya udah abis, saya bisa pegang rambut si dede. Tapi posisi kepala masih tinggi.. Dan baru pembukaan satu"


DEG

Nah. Gue langsung sedikit panik, harus gimana ya? Gue inget orang pertama yang gue hubungin Vina, sahabat gue. Berharap dia lagi bangun, lagi susuin Chloe.. Hehe. Gue ceritain masalahnya, sekalian minta no tlp dr.SanSan yang mendadak ilang dari hp gue. 

Suster pun ga ngijinin gue pulang ke rumah. Lalu gue ganti pake baju pasien. Disuruh istirahat, tidur sambil nungguin bukaan. Lah menurut ngana? mana bisa eke tidur lagi yaa... 


04:00 
Masih posisi miring kiri, gue ngobrol ma Mr.D baiknya gimana. Mikirin kemungkinan-kemungkinan yang ada. Walaupun waktu itu masih berharap bisa lahiran normal. 

Sambil nunggu, ada ibu yang baru datang mau lahiran juga. Tapi bedanya, dia udah dalam keadaan jerit-jerit. "Susterrrrrr!!!! Cepet keluarin bayi saya suster!! Ga kuat sakit banget!! Pengen cesar aja panggilin dokternya!! Aaaaa eeeee oooo" literally. Dia jerit terus sampe 1 lorong denger. Tapi ga berapa lama, selang 15 menit dari kehebohan itu, kedengeran suara tangisan bayi... Wah thank god, bayinya udah lahir. 

Lantas.... Gue GIMANA nasibnya? Time was rolling in dan masih belum ada tanda-tanda mules. Di antara kegalauan itu, gue baru inget, omg belum telepon mami.. Haha. Jadinya gue telepon adik gue Arlin yang notabene selalu standby hp nya dan suruh kasih tau mami kalo gue udah di RS. Bener aja, gak sampe 5 menit kemudian mami telepon. Terkaget-kaget dan bilang, "kok ga ngasih tau mom sih?!" Gue jawab aja kalo tadi belom kepikiran. Gue bilang jangan ke RS sekarang deh yang ada bengong lho.. Karena belom mau lahiran. Nanti aja tunggu kabar dari Dieter. 


05.30

Gue pipis lagi ke wc, tapi alangkah kagetnya pas gue jalan darah bercucuran dari bawah sana :( buanyak banget bikin kaget setengah mati. 
Mana belum kerasa mules sedikitpun. Oya tadi suster sempet bilang, dia ngasi deadline sampai tengah hari karena gue uda pecah ketuban. Either harus dikeluarin secara csect, atau diinduksi dkk nya.. 

Gue coba nenangin diri, sambil megang perut dan ajak ngomong Vale dalam hati. Berharap dia kasih sign. Mr D telepon dr. SanSan dan dia bilang kalo gue masih ada kemungkinan normal, dengan induksi dan juga dikasih deadline tengah hari. 

Kami akhirnya mutusin, sudahlah c sect aja. Toh cepat ato lambat Vale harus dikeluarin. The sooner, the better. Belum kalo udah induksi, gagal. Ujung-ujungnya ya csect lagi. Mr D langsung bilang suster, dan mulailah langkah-langkah persiapan csect. 
It went on so fast.. Isi dokumen, tes alergi, pasang infus, dll dll. Sampai akhirnya suster bilang, "jam 10 ya bu. Ibu puasa dari sekarang." 

Padahal siangnya, gue udah janjian sama Tribeca untuk brazilian wax. Karena gue uda di hospital bed, jadi pasrah deh di trim pake silet *hiks* pasti tumbuhnya super gatal n super jelek. 
Untung Mr.D gak liat, soalnya dia lagi urusin pembayaran DP ke admin di lantai bawah. 

Gue telepon my mom lagi, "jadinya cesar jam 10 yah, datangnya sekitar jam segitu aja.." Dia make sure ke gue, "yakin ga nau ditemenin?" Gue bilang, "sama Dieter udah lebih dari cukup." Kalo terlalu banyak orang yg ada puyeng.. Satu lagi, ga lupa minta restu dari my sis in law. She promised me that we'd be alright and this is the right way. Sigh.. Gak tau kenapa, rasanya tenang kalo uda telepon cici. You know me too well :)

06-ish
Tapi dipikir lagi, ngapain juga ya gue nunggu sampai jam 10 kalo emang bisa sekarang. Mana tadi gue uda pendarahan lagi. Jadilah mr.D telepon sekali lagi ke dr. SanSan minta dimajuin bisa gak? Dokter dengan ramahnya bilang, "baik... Saya siap-siap dulu terus langsung meluncur ke rumah sakit" 

Dan kira-kira jam 7an gue dibawa ke ruang operasi. Jeng jeng jrenggg... Minutes away from meeting Vale! Disuntik, dibius pun udah gak kerasa. I was so happy, over the moon. Apalagi, having Mr.D beside me all the time. Karena jam operasi dimajuin, jadinya gue ga sempet cipiki cipikaan sama mom. Dia belum dateng sik. 

7.50 
Brrrrr ruang operasi dingin banget, gini kali ya rasanya dalem kulkas? Zzz 
OK lah dok, I'm sooo ready. Dokter stel lagu jazz dan dia nyanyi2 sambil operasi gue. Oh, gue dibius lokal btw. Mr.D duduk di samping gue. 

Prosesnya cepet banget, rasanya ga sampe 15 menit Vale udah keluar. Fiuh legaaaa rasanya. Akhirnya penantian panjang selama 9 bulan berakhir sudah. Pas lahir, gue spontan nanya dokter, mirip siapa dok? Hahaha. Dokter cuma ketawa-ketawa aja. Gue gak sabar banget ketemu Vale, tapi dia harus dibersihin, ditimbang, divaksin, dll dulu. Setelahnya baru dikasih liat ke gue itupun sekilas banget karena dia harus diangetin. Yak secara ruang operasi dinginnnnn pake banget. 


Beres operasi, gue dibawa ke recovery room dimana badan gue dihangatkan selama satu jam. Di pikiran gue saat itu cuma satu, VALENTINO. Suster nyuruh gue bobo-boboan, istirahat, tetep ga bisa. Gue terus nanya, "sus kapan saya boleh ketemu sama anak saya?" Suster jawab, "nanti yah kalo kaki ibu dua-duanya bisa digerakin." Gue berusaha sekuat tenaga buat gerakin ni kaki yang kakuuuuu banget. Pertama-tama bisa satu yang kiri, eh yang kanan susah setengah mati. Tapi akhirnya beberapa saat kemudian, gue berhasil ngegerakin kaki dua-duanya :D Yeayyyyy! Sambil baringan di recovery room, orang-orang terdekat gue gantian masuk ke kamar. Pertama-tama my mom. Pake acara nangis-nangisan segala lagi gara-gara dia telat datang, jadinya gak sempet ketemu dulu sebelum operasi.. -_- Next, my hubby. Dia bilang Vale lucu banget endut pipinya embem. Hihihi... Terus my dad, mom in law, my sis.. Ganti-gantian masuk ke recovery room. Tapiiiii maaf aja, bukan mereka yang pengen gue temuin sekarang, tapi baby Vale. Hoiii... Bring me to my baby pleaseee..... 

Sekitar jam 10an (kalo gak salah), akhirnya gue dibawa juga ke ruangan rawat inap.. Disana udah kumpul keluarga inti gue. But then again, WHERE IS MY BABY!? Kayanya hari itu gue nanyain "bayi saya mana" puluhan kali... Hahaha. Lantas, udah enak posisinya, suster pun masuk bawa *drum roll please*... Valentino!!!
Keinginan gue buat IMD (Inisiasi Menyusui Dini) memang ga bisa dilakukan beberapa saat setelah melahirkan, tapi masih belum telat kok... Jadi IMD nya sekarang. Sebenernya simple aja kok, cuma skin-to-skin selama kurang lebih satu jam antara ibu dan bayi. Selain bisa menguatkan ikatan batin, IMD ini juga merangsang untuk keluarnya ASI dan proses menyusui itu sendiri. Ajaibnya, ketika IMD beres, Vale udah bisa nyusu ke gue! 

It was the most miraculous thing... ASI gue langsung keluar, dan Vale udah bisa langsung nyusu. I can't thank God enough for that.. Karena kadang ada ibu yang ASI nya baru keluar di hari ke-3 atau ke-7. Padahal ASI pertama itu (kolostrum) bener-bener bagus karena mengandung immunoglobulin, yang berfungsi untuk daya tahan tubuh si anak dalam melawan penyakit nantinya. Makanya no words can describe how I truly blessed that day. 

Gue dirawat 4 hari 3 malam di RS, selama itu cuma Mr. D yang nungguin seharian.. Dari pagi sampai pagi lagi. Valentino juga room in, gak disimpen di ruang bayi. Kalau ada orang yang bilang, "eh nanti lo ga bisa istirahat loh.. kecapean dll." GAK PEDULI. Yg penting gue bisa deket sama Vale, nyusuin, dan bonding sama dia. Hehehe. Keras kepala yah. Emang gue gak bisa istirahat bener selama di RS. Siangnya banyak tamu, malemnya kebangun-bangun terus nyusuin Vale. But it's all worth it, karena ASI gue turns out, melimpah.

Panjang banget ni post nya, gak seru ya kalo gak ada foto... Well, here they are! 


saat-saat sebelum operasi

foto (dan bikin video) dulu :D
sesaat setelah Valentino lahir


beratnya 3.35kg

ini nih cuma sekejab banget! terus dibawa pegi lagi

hello baby!

standing in awe.. 

pertama kali sampai rumah

very first family picture :D

welcome home, dear


most memorable day of my life..

his footprint and my fingerprint

Valentino: day 1

pieces from our candid maternity photoshoot... self portrait loh ini.. :D few days before gave birth





***

Baby Valentino is now three months old.. You'll soon outgrow my lap, but surely you'll never outgrow my heart. 

my Mr. little sunshine!





Comments

Popular posts from this blog

.

I'm shaking as I type this.  After so many years I haven't update my blog, but i feel like now i need it more than ever.  Writing use to be my therapy.  so. my husband died. on 22-11-22 to be exact.  85 days ago  there. i say it.  you won't believe how much courage i've gathered to type this post here. the very blog that witness our journey. from a hopeless teenager, to finally got married, and eventually became parents of two adorable kids. too bad i didn't get a chance to update it more. however i frequently updated my twitter & instagram. so there are traces of our journey there as well.  how do i feel? PAIN. EXCRUCIATING PAIN. A PAIN THAT IMPOSSIBLE TO CURE My heart so tattered that there's nothing more to be torn. He died a sudden death. I won't go into details, at least not now. Our 20 years journey ended abrubtly. there goes our future hopes and dreams. __________________ I begin to questioning the existence of God. We've lead a good life. we&

D a d d y

Dearest,  We both know that we've been through some major ups and downs. There were those hard times when we didn't look each other's eyes.. But also there were those happier times when we laughed together and hugged each other very tight. Sorry cos I haven't make you proud.. :( But that doesn't mean I love you any less.  Deep down inside I'll always be your little girl. Thank you for being the best Dad in the world.. You've no idea how much I love and adore you. Happy birthday! GBU abundantly xoxo

bye bye baby...

bye bye baby... Valentino Rossi's career at Yamaha finally comes to an end after seven years full of bittersweet memories.. Next year, he will be "back home" to Ducati and maybe will finish his motoGP career there. I can't imagine how motoGP would be without Rossi. It will be the end of an era. first kiss, first winning Last week GP at Valencia was very emotional and heartbreaking especially for Rossi who had to kiss his Yamaha M1 for the last time, just like what he did seven years ago at Welkom (first winning with Yamaha). From what I've read in his autobiography book, Rossi considered his M1 as a woman, a girlfriend whom he loved dearly.. Too bad Yamaha finally chosen Lorenzo instead of Rossi (I read somewhere that Rossi would do anything he can to be with Yamaha till the end of his career, he wouldn't mind being a mechanic or else). Geez! Does Yamaha forget everything that Rossi has done for them? Yamaha was a trash back then! Rossi came and raised