Skip to main content

curhat



Bumil satu ini mau berbagi cerita tentang pregnancy so far... yang udah jalan ke 18minggu.

Changes
Selain fisik (yang makin gedaaay bahenol), beberapa perubahan mental juga gue sempet rasain. Waktu baca dua hasil TP dengan dua strip yang sangatt kentara tebelnya, perasaan gue asli campur aduk. Tapi horrrornya, perasaan yang paling dominan gue rasain adalah WHAT?! secepat ini??!! Gue yakin sang lovely misua juga punya perasaan yang kurang lebih sama. Walaupun kita biasa aja gak begitu nunjukin, tapi tetep keliatan lah dia kaget waktu tau gue hamil. Secara gue pikir dulu pas gue hamil bakal ada derai air mata, taunya kaga tuh... Hehehe. Gue inget banget pas TP tanggal 31 Dec kemaren, sebelum taun baru di rumah. Kita kan nikah tanggal 17 Nov, well, do the math. Ternyata di antara rasa sakit pertama-tama kali have sex (yang jauh dari kata berhasil) itu, ada satu sperm yang berhasil membuahi telur gue. OK.

  •  physically
Anyway, berat badan gue udah naik sekitar 3-4kg sampai sekarang.. Jadi yu dadah yu babay my infamous 23.5" waist yang berhasil membuat semua taylor yang pernah gue datengin terkaget2. Mungkin dengan proporsi badan gue ini, pinggang gue termasuk sangat amat kecil. Kaga ngarti juga kenapa. Physically, my belly hasn't show any sign of baby bump. Tapi makkkk... paha gue ini udah bisa kali saingan sama paha ayam KFC. Last week I kissed my favorite jeans goodbye dengan berat hati karena udah ketat banget di bagian paha & pantat hiks... (kalo mini, tight, curve hugging dresses sih udah say goodbye  dari kapan ari LOL) Bedanya, KALO badan gue balik lagi ke asal abis lahiran gue masih bisa pake jeans2 itu... Sementara dress2 ketat sih udah gue kubur dalem2 deh di dalem lemari karena gue gak mungkin berpenampilan like I used to waktu masih gadis setelah nanti punya anak. Maklum, eik kan mama ber manner, yang kepengen berpenampilan rapi dan sopan... (ini pendapat gue loh ya,,,, no hard feeling buat mak2 lain yang masih bergaya rock & roll
Jeans sih gak masalah kalo sampe gak muat, tapi kalo sampe sepatu gue ikut-ikutan gak muat. Berasa mau nangis darah gak sih? *fingers crossed*

  • mentally
Balik lagi soal perubahan mental, kenapa gue & mr.D sempet shock berat waktu tau gue hamil.. Karena kita tuh punya banyak rencana setelah nikah, misal nih misal... Pengen touring ke Bali pake motor dari Bandung. Pengen honeymoon ke tempat jauh waktu libur lebaran tahun ini. But most of all, kita masih perlu adaptasi dengan lingkungan & keadaan yang sama sekali baru. Nikah kan bedaaaaa banget kaya masih pacaran. Kalo pas pacaran tiap hari kita bisa nge date kaya orang bego ke berbagai cafe & resto tanpa mikir yang lain2, udah nikah beda banget. Harus mikirin duit buat bayar cicilan rumah tiap awal bulan, mikirin tiap hari mau makan apa dengan budget berapa, mikirin biaya a b c dari bensin sampai telepon; biaya satpam komplek sampai kebersihan taman dll dll. DAN pastinya tetep harus mikirin masalah kerjaan, penopang hidup kita selama ini. Buanyak bener deh yang kudu dipikirin karena setelah nikah kan we're on our own. Intinya, kita belum settle down kala itu.

Tapiiiii..... Kalo dipikir lebih lanjut lagi (waktu ngobrol berdua heart to heart). Kita harusnya merasa beruntung & bersyukur karena Tuhan udah ngasih kepercayaan buat kita secepat ini. Di sekeliling kita kan ada juga couple yang bermasalah dengan fertility. Jadi dibuanglah jauh-jauh pertanyaan gak penting seputar kehamilan gue (are we ready yet? is this the best time to get pregnant? etc.etc.) Pokoknya pertanyaan yang meragukan tentang kehamilan ini aja. Biarpun gue sempet beberapa kali ngalamin pregnancy blues yang errrr... gak usah dibahas disini lah yaa... :p Intinya, gue berusaha enjoy dan happy during my pregnancy, banyak yang bilang juga apa yang kita rasain, dede bayi bisa rasain juga. Duh langsung deh merasa bersalah pernah ketiban PB :(
 
Eating habit 
Sebelom tau positif hamil, kita udah pake catering sehat untuk menyokong (ciyeee...) kehidupan kita sehari-hari. Karena gue bantuin mr. D kerja, jadi otomatis gue gak pernah ada di rumah. I'm  not a stay-at-home-wife-at-all. Ini permintaan langsung dari mr. D. Gue pernah tanya ke dia, "kamu tuh pengen punya istri yang diem di rumah (masak, ngurus rumah, dll) atau istri yang ngebantu kamu di kerjaan kamu?" intinya gitu lah. Eh dia jawab dengan lantang, "aku pengen kamu ikut aku kemanapun aku pergi." Yowes lah.. semenjak saat itu, gue selalu ngantor bareng dia & bantuin kerjaannya yang emang seabrek banyaknya. 

Oh and for the record, I HATE washing dishes! Nyetrika, nyuci baju (tinggal teken tombol ON hehe), beres2 rumah boleh lah... Tapi nyuci piring!!! Hiks bener2 siksaan buat gue. Gimana gue bisa seneng masak, secara ngebayangin nyuci piringnya setelah masak aja udah ngeri abis. Jadi gue biasanya nyuci piring sehari sekali aja. Bukan yang tiap ada piring kotor, langsung dicuci. Biar gak dibilang jorok, setelah piring disimpen di sink, dibersihin/dibilas dulu pake air. Dicucinya sih nanti lagi... Hehehe. Oya semenjak hamil, mr. D yang ngepel rumah. Baik yah..... *peluk suami erat-erat*

Kita orang pegi pagi pulang malem tiap hari. Jadi buat makanan, gue mempercayakan ke catering andalan gue, sebutlah si AB. Dia masakin makanan2 sehat, tanpa MSG, dan banyak serat. Jadi OK-lah untuk pengantin muda yang istrinya sama sekali gak bisa masak. Hehehe... 
Tapi.... Setelah hamil, gue SAMA SEKALI gak bisa makan tuh catering. Bawaannya puyeng melulu tiap buka rantang (jangan tanya waktu coba2 masukin makanannya ke mulut). Pengennya makan yang gurih, pedes, asin, dkk. Bahkan pas awal kehamilan pernah makan junk food 2x dalam seminggu... So SORRY :'( Tapi ya dibanding gak bisa makan hayo? Indomie & mie korea pun tidak luput jadi santapan gue minggu itu (pas parah-parahnya). Untung 1000 untung, gue gak mual2 dan sejenisnya, jadi ketika nafsu setan makanan gue udah reda, gue coba makan biasa lagi. Tapi tetep sih gak mau balik lagi ke AB. Jadi gue makan apa donk? 

Gue pengen gizi buat dede bayi terpenuhi walaupun gue orangnya gak suka makan. Jadi pagi gue selalu isi perut sama roti bakar (isi keju dll), atau cereal + susu, dan fresh juice. Makan nasi tetep 2x waktu siang & malem.. That's it. Cuma gue ngemilnya tau diri sekarang, udah gak pernah tuh ngemil2 macem maicih, karuhun, dan kawan2nya (if you know what I mean!) Diganti sama buah, dry fruit, dan kacang2an. MIE selalu jadi jawara karena tiada minggu gue lewatin tanpa makan mie. Entah itu mie yamien, ramen, mie korea, yang jelas bukan indomie ya... Tapi ya karena gue udah gak bisa makan catering lagi, jadi kita seringnya beli makan di luar. Pilih-pilih lah, emang makanan di luar gak ada yang sehat, tapi kita pilih yang kira-kira lumayan sehat. (duh....) Point plus nya, ya gak usah cuci piring... =D
Oya susu juga gue minum tiap malem sebelom bobo. Senangnya waktu terakhir kali cek ke dokter (waktu 15minggu), berat dede udah 135gram, alias normal. Horeeee.....

  • craving     
So far sih gue gak ngerasain ngidam yang aneh-aneh. Palingan makan chinese food ke Garut, ato makanan-makanan yang ada di Jakarta (alesan ngidam, padahal pengen maen LOL). Tapi mr. D yang ngerasain gimana rasanya ngidam. Di suatu malem yang dingin (hujan), dia tiba-tiba "duh pengen banget tahu sumedang!" Gue kan yang, "alah, nanti lagi aja... udah malem." Tapi dia insist marah-marah ngotot pengen pergi saat itu juga. Alhasil kita ke Sumedang pemirsa.... Berangkat dari rumah jam 8an malem gitu... Cuma untuk makan tahu. Dan besokannya sakit perut. Itu sih kayanya pengalaman ngidam paling aneh... :D 


Exercise
Sebelumnya gue yoga 2x seminggu, setelah hamil gue kurangin frekuensinya jadi 1x seminggu soalnya yoga di tempat gue ini bisa dibilang berat. Ya iyalah wong gue sempet berotot banget hahaha.. Temen gue tanya, loh emang ga papa yoga waktu hamil? Yah gue sih cuma bisa jawab, selama instruktur kita bisa mengerti dan fisik kita cukup kuat untuk ngelakuin gerakan2 yoga ringan ya why not? Pregnancy is not a barrier to stay healthy. Instruktur gue aja masih head stand sampai bulan ke-8 dia hamil donk! Well... Gue sih gak akan gitu2 amat. Hahaha. 
Karena dokter gue ngelarang bersepeda, jadi kegiatan sepedaan gue ganti sama berenang. Gak kalah nyenengin kok, tapi emang bosenin sih cuma bolak balik di kolam. Tapi yah, dibanding ga ada kardio?
Bulan depan gue berencana ikutan senam hamil & prenatal yoga. Gue gak tau mau pilih yang mana, pengen coba dulu dua2nya, setelah coba baru deh nentuin pilihan. Nanti di updet lagi deh di blog tercintah ini... 

Sexy times
I have to admit that my libido has gone bigger than ever during my pregnancy! Either karena pengaruh hormon, atau emang kita newlywed... Atau mungkin both! Hahaha.. Tapi tetep parno donk, secara takut ada apa2 sama si dede. Jadi yah... Ermm.. Yg ini gak usah dibahas juga ga papa ya? Hehehe.. Jadi ketauan deh ada hubungannya sama salah satu faktor PB yang gue bahas di atas2 tadi. *tutupin muka pake talenan* 

Traveling
Thank God gue gak dikasih berbagai kesusahan kaya morning sickness dll, jadi dokter sangat membebaskan gue untuk traveling ke manapun. Secara waktu kandungan umur 6 minggu aja udah diajak kebut-kebutan di Bali. *sigh* Kalo diinget-inget ya ngenes juga, untung kandungan gue sehat dan kuat. Ngebayanginnya kita suka ngeri sendiri. Sempet juga di Bandung kita naik motor jalan2 ke daerah atas, sampai ke daerah Tangkuban Perahu sana... Gak tau kenapa, tapi tiba2 kepengen ajakin D naik motor. So sweet.... 

Untuk ngeganti honeymoon trip kita yang dipastikan batal.. (Ya iyalah pas lebaran nanti gue lagi H2C kali nungguin si baby ngeliat dunia untuk pertama kalinya) Mr. D berniat ngajakin gue untuk babymoon trip. Yeaaaayyyyyy! Happy banget *joget jungkir balik*... Destinasinya..... Mmm nanti aja deh. Memang gak sejauh destinasi impian kita tadinya, tapi tetep happy banget at least kita ada waktu buat jalan-jalan berdua sebelum anak kita brojol. Hehehe... Senengnya lagi, dokter udah kasih lampu ijo. Jadi kita bisa secure tiket kita. Itinerary is still in progress. It'll be a short trip, but means the world to us!! Pengen banget make the best out of it :) Thank you HUBBY! You're the BESTTTTTTT


AND LAST BUT NOT LEAST...... 

Stretch mark 
Kalo ngomongin SM, gue sama temen-temen yang lagi hamil udah bete berat.... Kayanya emang semua wanita bisa kena kutukan SM deh :-( Terlebih waktu denger cerita temen-temen yang udah melahirkan, mereka rata-rata keluar SM nya waktu usia kandungan di atas 7 bulan. Buat yang gak tau SM, hello.... Google aja sendiri deh. It's horrifying!! 
Ada sih beberapa cream untuk pencegah SM ini, tapi ada juga yang udah pake tapi tetep keluar. Yah dibanding abis penasaran, akhirnya gue beli juga Clarins SM control.
Dengan harapan si SM gak akan muncul selama masa kehamilan. Gue gosokkkkk terus all day everyday, sambil komat kamit berdoa biar SM gak muncul. Buat malem hari, gue pake Clarins Tonic Body Treatment Oil karena kata SA nya sih lebih menyerap & gak gampang kehapus karena teksturnya minyak. OK deh gue turutin, tapi gak tau juga nanti hasilnya gimana. Moga-moga bakal sama kaya mama gue yang udah beranak 3 tapi tetep mulus dr ujung rambut sampai ujung kaki. AMIN! Padahal dia gak pake cream apa-apa donk.... Sirik.com deh



Gak kerasa curhatan gue ini puanjang bener yah? Hehehe.. Gue cuma sharing aja hal-hal yang gue rasain sampai saat ini. Tapi belom bisa kasih banyak saran, secara masih seumur jagung gini. Boo...  Until next time! xx






Comments

Unknown said…
Iya tan mama gua jg mulus aje dr ujung kepala sampe ujung kaki aaak udh 4..huhuhu..lah gua blm apa2 ini d pinggul udh ada sm..kt mama gua kl gatel jgn dgaruk tan..trs usahain jgn panjang kuku nya jd kl ga sengaja kegaruk jg ga kena kuku..kl gatel entah perut ato apa lah gt diusap2 aja cukup..hahahaha..senangnya jadi bumil yah taaann..hihi..
Intan Juliana said…
Sama Sis gw juga udah ada SM sisa masa puber dulu :'( huhu... iya gw uda pake cream dari pas tau hamil juga, tapi ga tau deh manjur ga. Soalnya temen gw jg yg pake cream, ttp muncul si SM. Gatel2 sih belum, tapi iya.. udah sayonara sama kuku panjang nan indah. Hahaha..
Thanks yaa :)

Popular posts from this blog

.

I'm shaking as I type this.  After so many years I haven't update my blog, but i feel like now i need it more than ever.  Writing use to be my therapy.  so. my husband died. on 22-11-22 to be exact.  85 days ago  there. i say it.  you won't believe how much courage i've gathered to type this post here. the very blog that witness our journey. from a hopeless teenager, to finally got married, and eventually became parents of two adorable kids. too bad i didn't get a chance to update it more. however i frequently updated my twitter & instagram. so there are traces of our journey there as well.  how do i feel? PAIN. EXCRUCIATING PAIN. A PAIN THAT IMPOSSIBLE TO CURE My heart so tattered that there's nothing more to be torn. He died a sudden death. I won't go into details, at least not now. Our 20 years journey ended abrubtly. there goes our future hopes and dreams. __________________ I begin to questioning the existence of God. We've lead a good life. we&

D a d d y

Dearest,  We both know that we've been through some major ups and downs. There were those hard times when we didn't look each other's eyes.. But also there were those happier times when we laughed together and hugged each other very tight. Sorry cos I haven't make you proud.. :( But that doesn't mean I love you any less.  Deep down inside I'll always be your little girl. Thank you for being the best Dad in the world.. You've no idea how much I love and adore you. Happy birthday! GBU abundantly xoxo

bye bye baby...

bye bye baby... Valentino Rossi's career at Yamaha finally comes to an end after seven years full of bittersweet memories.. Next year, he will be "back home" to Ducati and maybe will finish his motoGP career there. I can't imagine how motoGP would be without Rossi. It will be the end of an era. first kiss, first winning Last week GP at Valencia was very emotional and heartbreaking especially for Rossi who had to kiss his Yamaha M1 for the last time, just like what he did seven years ago at Welkom (first winning with Yamaha). From what I've read in his autobiography book, Rossi considered his M1 as a woman, a girlfriend whom he loved dearly.. Too bad Yamaha finally chosen Lorenzo instead of Rossi (I read somewhere that Rossi would do anything he can to be with Yamaha till the end of his career, he wouldn't mind being a mechanic or else). Geez! Does Yamaha forget everything that Rossi has done for them? Yamaha was a trash back then! Rossi came and raised